Berita

Video Profil SMK Nuris 2022




Kontak


Alamat :

Jl. A. Yani No. 03 Slatri Larangan

Telepon :

0283 6183363

Email :

smk.nis.lrg@gmail.com

Website :

smknuris.sch.id

Media Sosial :

ANBK 2022 Gantikan UN? Simak Penjelasan dan Jadwalnya

Bandung - ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.
Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, ANBK ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Asesmen Nasional akan menghasilkan informasi untuk memantau :



Perkembangan mutu dari waktu ke waktu
Kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan
Misalnya di satuan pendidikan: antara kelompok sosial ekonomi, di satuan wilayah antara sekolah negeri dan swasta, antar daerah, ataupun antar kelompok berdasarkan atribut tertentu
Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Agar Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Peserta Asesmen Nasional
Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia. Peserta ANBK adalah siswa kelas 5 SD, 8 (kelas 2 SMP), dan 11 (kelas 2 SMA) yang dipilih secara acak oleh pemerintah, guru, dan kepala sekolah di tiap satuan pendidikan.

Selain siswa, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari siswa, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di sekolah.


Apakah ANBK menggantikan UN?
Jawabannya tidak. ANBK menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar siswa secara individual.

ANBK juga menentukan kelulusan siswa. Meski Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan namun Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menilai siswa yang menjadi peserta asesmen. Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual.

Hasil Asesmen Nasional akan jadi output perbaikan pembelajaran. Sementara penilaian untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan Pendidikan

Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa hanya sebagian siswa saja yang mengikuti Asesmen Nasional. Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi murid sebagai seorang individu.

Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan evaluasi sistem dengan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili popu lasi murid di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

• Asesmen Kompetensi Minimum
Asesmen Kompetensi Minimum mengukur literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi murid.

• Survey Karakter
Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

• Survey Lingkungan Belajar
Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Jadwal ANBK 2022 SD-SMA
ANBK 2022 akan diselenggarakan pada 29 Agustus-1 September 2022 untuk jenjang SMA/SMK dan sederajat. Sedangkan jadwal untuk peserta ANBK dari Paket C dilaksanakan pada 29 Agustus-4 September 2022.

Untuk jenjang SMP sederajat, ANBK dilaksanakan tanggal 19-22 September 2022. Khusus peserta ANBK dari Paket B akan mengikuti ANBK tanggal 24-25 September 2022.

Model Pelaksanaan ANBK
Sedangkan untuk jenjang SD / sederajat, ANBK akan dilaksanakan pada 24-27 Oktober 2022. Bagi peserta Paket A, ANBK 2022 digelar dalam 4 gelombang, yaitu pada 24 Oktober-3 November 2022.

ANBK 2022 online dan semi daring dapat dilaksanakan di sekolah dengan berbasis komputer.

Alternatifnya, Asesmen Nasional ini juga bisa digelar dengan berbagi sarana-prasarana atau resource sharing. Bentuk soal ANBK terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.


LSP SMK NURUL ISLAM LARANGAN



Instagram